Subscribe to Berita Pemkab Bangka Barat feed
Updated: 2 hours 13 min ago

Bakti Sosial Bhayangkara dan Peringatan HARGANAS XXVI

Tue, 07/16/2019 - 14:53

DISKOMINFO (16/07/2019)  Badan Kependudukan Keluarga Berencana  Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukakan pencanangan Bakti Sosial Bhayangkara KB Kesehatan Tingkat Provinsi Kepulauan  Babel tahun 2019 di Desa Pangek Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat (Babar ).

Bupati Bangka Barat Resmikan Pameran Investasi 2019

Tue, 07/16/2019 - 10:17

Muntok (15/07/2019 )Diskominfo,  Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kembali menggelar event  Pameran Investasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka Barat pada senin malam (15/07) di lapangan atletik Pemkab Bangka Barat.

WALIMATUSSAFAR JEMAAH HAJI KABUPATEN BANGKA BARAT

Tue, 07/09/2019 - 15:14

 

Muntok, 09/07/2019.  Bertempat di rumah dinas Bupati Bangka Barat  diselenggarakan Walimatussafar sekaligus pelepasan 185 calon jemaah haji asal Kabupaten Bangka Barat 1440 H. Acara yang dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Sekretaris Daerah, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka Barat diisi ceramah oleh H. Abdul Rohim S.Ag., MH.

Peringatan HUT Pol PP

Mon, 07/08/2019 - 14:46

DISKOMINFO (08/07/2019)  Pemerintah Kabupaten Bangka Barat memperingati sekaligus  tiga perayaan HUT Satpol PP ke 69,  HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke 57 serta HUT  Damkar  ke- 100  di lapangan Atletik  Bangka Barat ,senin pagi. Upacara HUT dihadiri sejumlah Kepala OPD  dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Perwakilan satuan Sat Pol PP Provinsi Bangka Belitung,  serta  Organisasi Pemerintah Daerah Bangka Barat dan Forkopimda Bangka Barat.

Pemkab Bangka Barat siapkan uang saku untuk jemaah calon haji

Mon, 07/08/2019 - 13:56

Mentok, Bangka Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan uang saku sebesar Rp1.500.000 untuk setiap anggota jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah tahun 2019.

"Uang saku ini diberikan sebagai tali asih dan perhatian pemerintah kepada seluruh rombongan yang berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekah," kata Kasubbag Bantuan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Darul Quthni di Mentok, Senin.

Napak Tilas 2019

Sun, 07/07/2019 - 14:53

DISKOMINFO(07/07/2019)  Muntok sebanyak 33 regu mengikuti acara pelestarian nilai sejarah yaitu Napak TIlas. Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan tiap tahun oleh Dinas Periwisata dan Kebudayaan Bangka Barat di Pesanggrahan Muntok . Peserta Napak Tilas terdiri dari 7 regu kategori SMP, 8 regu kategori SMA dan18 regu kategori umum selain dari Bangka Barat peserta yang ikut dalam kegiatan Napak Tilas ada juga yang berasal dari Bangka Tengah .

Puluhan siswa Bangka Barat ikuti lomba menggambar tokoh Republik

Thu, 07/04/2019 - 13:56

Mentok, Babel (ANTARA) - Puluhan siswa sekolah dasar di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti lomba menggambar dengan tema delapan tokoh Republik yang diasingkan Belanda di Mentok era 1948-1949.

"Kegiatan ini kami gelar untuk mengenalkan delapan tokoh pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia kepada generasi muda agar mereka memahami sejarah yang ada di daerahnya," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Mentok, Kamis.

Pemkab Bangka Barat akan gelar festival seni tradisional jaga kelestarian budaya

Tue, 07/02/2019 - 13:56

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar festival seni tradisional untuk menjaga kelestarian budaya warisan leluhur.

"Berbagai seni tradisional antara lain tari campak, dambus, rudat dan rebana memiliki kandungan nilai sosial yang cukup tinggi dan patut dijaga kelestariannya," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Mentok, Selasa.

KPHP Babel uji produksi minyak atsiri daun lada

Thu, 06/27/2019 - 13:56

Mentok, Babel (ANTARA) - Kantor Unit Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Rambat Menduyung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan uji coba pembuatan minyak atsiri berbahan daun dan batang lada untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Uji coba sudah dilakukan beberapa kali dan hasilnya cukup bagus, kami berharap ke depan industri ini dapat dikembangkan masyarakat karena peluang cukup prospektif," kata Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Unit I KPHP Rambat Menduyung, Ardianeka di Mentok, Kamis.

Pemkab Bangka Barat dorong produk IKM tembus pasar modern

Tue, 06/25/2019 - 13:56

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong produk industri kecil dan menengah (IKM) di daerah itu mampu menembus pasar modern untuk meningkatkan pemasaran.

"Selama ini sebagian besar produk yang dijual di swalayan, minimarket dan pusat oleh-oleh khas berasal dari luar daerah, padahal pelaku IKM lokal juga banyak yang memproduksi barang sejenis," kata Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Ichsan Saufani di Mentok, Selasa.

Pemkab Bangka Barat gelar pelatihan mengolah ikan

Tue, 06/25/2019 - 13:56

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan mengolah hasil laut berupa ikan dan udang untuk meningkatkan daya saing pelaku industri kecil dan menengah.

"Penganekaragaman produk menjadi salah satu kelemahan yang harus segera diatasi para pelaku industri kecil, kami berharap melalui kegiatan ini bisa memberi tambahan wawasan sehingga usaha semakin berkembang," kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Agus Setyadi di Mentok, Selasa.

Pelatihan Potensi BASARNAS

Mon, 06/24/2019 - 13:25

DISKOMINFO (24/06/2019 ) Muntok , Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( BASARNAS ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pelatihan potensi SAR ( Water Rescue). Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 24-30 Juni 2019, dilaksanakan di Area Wisata Bungalo Pantai Batu Rakit Muntok yang diikuti 40 peserta dari TNI, POLRI,  dan  Pemerintah Daerah.

HADIRI FPN KE-VII, BUPATI BERHARAP BANGKA BARAT JADI TUAN RUMAH

Sat, 06/22/2019 - 20:49

Karangasem,Bali, 22/6/19__Bupati Bangka Barat menghadiri Festival Pusaka Nusantara ke 7 yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang mengangkat tema "Pusaka Adalah Jiwanya Budaya Bangsa" yang dilaksanakan di kota Amlapura Kabupaten Karangasem Bali, sabtu (22/6).

BANGKA BARAT TAMPILKAN TARI PERANG KETUPAT DAN TARI CAMPAK DI BALI

Sat, 06/22/2019 - 13:30

Karangasem_Bali, 22/6/19__Festival Pusaka Nusantara ke VII yang di ikuti sebanyak 25 peserta dari Kabupaten/Kota se-Indonesia yang di laksanakan di Kota Amlapura Kabupaten Karangasem (22/6), menampilkan seni budaya dari masing-masing dari Kabupaten/Kota.

Tidak ketinggalan pula delegasi dari Kabupaten Bangka Barat yang menampilkan seni tari konjat kanjit perang ketupat dan tari campak yang di tampilkan di depan seluruh Kepala Daerah dan masyarakat Bali khusunya masyarakat Karangasem yang hadir pada Fertival tersebut.

Pemkab Bangka Barat berupaya tumbuhkan usaha kuliner berbahan ikan

Mon, 06/17/2019 - 16:30

Muntok, Bangka Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berusaha menumbuhkan minat masyarakat untuk menjadi pelaku usaha kuliner berbahan ikan.

"Ikan dan hasil perikanan  seperti udang, kepiting dan kerang cukup banyak dihasilkan para nelayan dan selama ini masih dijual dalam bentuk segar, ini merupakan potensi untuk dikembangkan agar memberi nilai tambah warga pesisir," kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Agus Setyadi di Mentok, Senin.

Pelaku UKM Bangka Barat manfaatkan pemasaran melalui media

Sat, 06/15/2019 - 16:28

Muntok, Bangka Barat (ANTARA) - Pelaku usaha kecil dan menengah di Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan peluang pola pemasaran melalui media dalam jaringan.

"Kami berharap dengan pemanfaatan kemajuan teknologi ini mampu mendorong peningkatan pemasaran sehingga usaha semakin berkembang," kata pembuat rosip, Syaripah Zuraidah di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, makanan tradisonal rosip atau fermentasi ikan laut berukuran kecil dan udang merupakan makanan tradisional yang cukup digemari warga setempat.

Warga Belolaut kembangkan usaha pembuatan minyak serai

Fri, 06/14/2019 - 16:23

Mentok, Babel (ANTARA) - Warga Desa Belolaut, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan usaha pembuatan minyak serai sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

"Peluang pasar masih cukup besar dan usaha pembuatan minyak serai memiliki usaha ikutan yang bisa melibatkan orang banyak sehingga cocok dikembangkan di daerah itu," kata pelaku usaha, Woro Ning Andini di Mentok, Jumat.

Tanaman serai merupakan salah satu tanaman rempah jenis rumput yang mudah ditanam di pekarangan rumah atau dimanfaatkan sebagai tanaman sela lahan perkebunan.

Pelaku UKM di Bangka Barat diminta perhatikan kemasan

Fri, 06/14/2019 - 10:36

Mentok, Babel (ANTARA) - Para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta memperhatikan kemasan untuk meningkatkan pemasaran.

"Permasalahan saat ini masih banyak produk UKM yang masih dikemas dengan cara tradisional sehingga kurang diminati konsumen," kata petugas penyuluh Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Ridwan Sho'im di Mentok, Jumat.

ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok diminta beri kontribusi pendapatan daerah

Fri, 06/14/2019 - 10:30

Mentok, Babel (ANTARA) - PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat agar memberi kontribusi terhadap pendapatan daerah.

"Selama ini keberadaan pelabuhan yang berada di wilayah Kabupaten Bangka Barat tersebut belum memberikan pemasukan pendapatan terhadap pemerintah daerah setempat," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Jumat.

Pemkab Bangka Barat giatkan penulisan sejarah lokal

Thu, 06/13/2019 - 16:18

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggiatkan penulisan sejarah lokal untuk meningkatkan rasa cinta terhadap daerahnya.

"Penulisan sejarah ini melibatkan para pemerhati sejarah dan budaya yang ada di daerah, kami harapkan kegiatan memberikan sumbangsih bagi pembangunan masyarakat dan daerah," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Mentok, Kamis.

Pages