Gubernur Minta Lulusan SMK Siap Bersaing di Dunia Kerja

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menginginkan para siswa dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat meningkatkan kemampuannya serta siap bersaing di dunia kerja.

“Dengan keahlian yang baik, dipastikan akan memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dan siap berkompetisi,” kata Gubernur Rustam Effendi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Yan Megawandi SH MSi, ketika membuka job matching dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di SMKN 2 Pangkalpinang, Senin (19/09/2016).

Peningkatan kemampuan, lanjut gubernur, tidak terlepas dari peran tenaga pendidik dan orang tua siswa. Utamanya dalam upaya melahirkan SDM unggul yang tidak terpaku pada satu bidang keahlian. Sehingga 20 hingga 50 tahun ke depan, sumberdaya manusia di Bangka Belitung bisa bersaing di dunia internasional.

“Ini tugas lembaga pendidikan dan peran aktif orangtua untuk menyiapkan bekal yang bermutu, mendesain anak-anak kita agar unggul,” tambahnya.

Gubernur memberikan apresiasi kepada puluhan perusahaan yang berpartisipasi di job matching. Hal itu membuktikan sinergi nyata antara pemerintah, kalangan industri dan pencari kerja.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Yulianti Sri Nur Hidayat mengatakan, pemangku kebijakan berkewajiban mendukung kegiatan job matching.

“Interaksi ini bermanfaat besar bagi siswa maupun lulusan SMK dan masyarakat, bukan semata-mata untuk memperoleh pekerjaan,” ujar Yulianti.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Babel Drs Muhammad Soleh MM dalam laporannya mengatakan, LKS SMK tingkat provinsi tahun 2016 diselenggarakan bersamaan dengan job matching, untuk memacu satuan pendidikan kejuruan meningkatkan kulitas proses dan hasil pembelajarannya. Sehingga siswa dan lulusan SMK mampu menembus dan memasuki dunia kerja.  

Usai pembukaan, Sekda Babel Yan Megawandi bersama pejabat terkait melakukan peninjauan stand job matching dan perlombaan keterampilan yang berlangsung di halaman SMKN 2 Pangkalpinang. (mms)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam S
Fotografer: 
Mislam S
Bidang Informasi: 
Humas