Gubernur Rustam Ingatkan Lulusan Poltekes Dukung Pelayanan Kesehatan

Pangkalan Baru, Bangka Tengah – Sebanyak 149 orang mahasiswa Diploma III Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes Kemenkes) Pangkalpinang pada Kamis (22/09/16) diwisuda, terdiri dari 40 orang jurusan Keperawatan, 37 orang jurusan Gizi, 38 orang jurusan Kebidanan dan 34 orang jurusan Farmasi.

Wisuda sekaligus angkat sumpah mahasiswa Poltekes Kemenkes Pangkalpinang ini berlangsung di Hotel Soll Marina Bangka Tengah dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia dan Sosial Kemasyarakatan Dr. Hj. Syafitri, SE, M.Si mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi dr. Slamet mewakili Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI, Direktur Poltekes Kemenkes Pangkalpinang drg. Harindra dan segenap civitas akademika serta sejumlah undangan penting lainnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Hj. Syafitri, mengatakan acara wisuda ini bukan saja penanda bahwa para wisudawan bukan lagi sebagai mahasiswa yang penuh dengan tugas akademik tetapi juga sebagai penanda bahwa para wisudawan telah menyandang gelar yang membanggakan.

“Namun perlu diingat gelar yang disandang sarat dengan tanggungjawab, baik secara moral maupun intelektual,” kutip Hj. Syafitri.

Era globalisasi dan era informasi yang masuk ke Indonesia, lanjutnya, telah membuat tuntutan-tuntutan baru di segala sektor termasuk sektor pelayanan kesehatan yang harus memenuhi standar-standar tertentu yang secara otomatis muncul seiring dengan datangnya gelombang globalisasi dan kemajuan jaman, demikian juga dengan dunia keperawatan, kebidanan, gizi, serta farmasi.

Gubernur berharap para alumni tetap berhubungan dengan almamater dan ikut berperan serta dalam  program-program yang telah ada karena tanpa bantuan para alumni yang diwisuda hari ini dan bantuan masyarakat, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang tidak akan berkembang seperti sekarang ini

Sementara itu, Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh dr. Slamet mengatakan kebutuhan SDM kesehatan yang terampil, profesional, berkualitas dan inovatif untuk menghadapi masalah-masalah kesehatan semakin hari semakin komplek.

“Poltekes Kemenkes Pangkalpinang sebagai pencetak tenaga kesehatan bertanggungjawab menghasilkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kutipnya.

Direktur Poltekes Kemenkes Pangkalpinang drg. Harindra dalam laporannya menyebutkan sampai tahun 2016 Poltekes Kemenkes telah meluluskan 655 mahasiswa dari empat program pendidikan Diploma III yakni Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Farmasi dengan rata-rata serapan kelulusan dalam tiga bulan setelah kelulusan sebesar 61%  dengan mengacu pada data tahun 2015.

“Sebagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan, Poltekes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan beberapa pengembangan kurikulum program pendidikan yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan harapan lulusan yang dihasilkan memiliki kualifikasi profesi yang sesuai dan berkontribusi kepada masyarakat,” lanjutnya. (14L)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Syahrial
Fotografer: 
Syahrial
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas