Idul Adha di Babel, Gubernur, Wagub dan Sekda Gelar Open House

Pangkalpinang – Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Senin (12/09/2016), dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk meningkatkan silaturrahmi.

Mulai dari Gubernur Rustam Effendi, Wakil Gubernur Hidayat Arsani hingga Sekretaris Daerah (Sekda) Yan Megawandi, menggelar open house di kediamannya masing-masing, sejak pukul 09.00 Wib.

Kegiatan itu dilakukan usai Sholat Ied. Diketahui, gubernur dan sekda melaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung, Sungailiat Bangka.

Pada open house di rumah dinas gubernur di kawasan Taman Kota di Air Itam, Pangkalpinang, terlihat antusiasme warga yang ingin bersilaturahmi. Tampak pula Sekda Yan Megawandi hadir bersama keluarga. Pun para pejabat eselon lingkup Pemprov Babel. Bahkan hadir pula mantan Sekda Babel Ir Syahruddin MSi mengenakan busana Melayu berwarna biru-biru lengkap dengan peci hitam.

Di sela-sela menyambut tamu, Gubernur Rustam Effendi menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim.

Kepada dinkes.bangkatengahkab.go.id, gubernur mengungkapkan Idul Adha sebagai refleksi ujian Allah kepada Nabi Ibrahim AS atas kesolehan, kepatuhan dan keikhlasannya. Sebab itu moment berkurban harus menjadi teladan bagi umat muslim.

Nabi Ibrahim, kata gubernur, memiliki sikap seorang ayah yang demokratis. Hal itu ditunjukan melalui adanya proses dialog antara Nabi Ibrahim dengan puteranya Nabi Ismail mengawali pelaksanaan kurban sebagaimana yang diperintahkan Allah.

Kepemimpinan, ujar gubernur, juga memiliki makna menjauhkan perilaku otoriter, serta mengedepankan dialog sebagai wujud demokratisasi.

"Ini menjadi contoh dan teladan bahwa demokratisasi kita kedepankan dalam memimpin," terang Gubernur didampingi istri.

Open House Terakhir

Sementara Wakil Gubernur Hidayat Arsani menggelar open house lebaran Idul Adha di kediaman pribadinya di kawasan Kampak, Pangkalpinang, Senin (12/09). 

Berbagai kudapan seperti pempek, bakso, sate, lontong, kue dan aneka jenis minuman menjadi suguhan bagi tetamu yang hadir.

Wagub yang didampingi istri mengatakan, open house ini merupakan yang terakhir di penghujung masa jabatannya. Ia berharap momen Idul Adha benar-benar dimanfaatkan untuk mempererat hubungan silaturahmi.

“Dan sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat Allah SWT, sehingga tali persaudaraan akan terus terjalin," ujarnya.

Selain masyarakat sekitar, tampak hadir para kepala SKPD dan pegawai di lingkungan Pemprov Babel.

Sapi Limousin

Sedangkan di rumah dinas Sekda Yan Megawandi, deretan kendaraan didominasi roda empat terparkir memanjang di ruas jalan yang berada tepat di depan rumah dinas. Sementara tenda berukuran besar yang terdapat di halaman belakang, menjadi tempat menerima dan menjamu para tamu.

Warga yang ingin bersilaturrahmi terlihat mengantre untuk berjabatan tangan. Diantaranya nampak sejumlah pejabat Pemprov Babel. Para tamu di tenda jamuan, terpantau menyantap hidangan makanan yang disediakan. Sesekali berbincang akrab satu sama lain. Sedangkan di dalam rumah, keluarga besar Yan Megawandi juga terlihat hadir.

Seperti diketahui, open house kali ini merupakan kali pertama bagi Yan Megawandi sejak dilantik menjadi Sekda Babel, Agustus kemarin.

Secara keseluruhan, pelaksanaan open house di tiga tempat tersebut berlangsung hidmat, penuh nuansa keakraban dan antusiasme warga. Selain open house, Gubernur Babel Rustam Effendi membagikan hewan kurban 26 ekor sapi. Sebanyak 16 ekor sapi untuk warga Pulau Bangka, sisanya 10 ekor diperuntukan masyarakat di Pulau Belitung.

Di samping itu, gubernur juga menyerahkan seekor sapi limousin kepada masyarakat melalui Bupati Bangka. Sapi dengan berat sekitar satu ton itu merupakan bantuan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo kepada umat muslim di Hari Raya Idul Adha, (heppy, sentosa, mms, loes)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Heppy D, Sentosa L Toruan; Mislam S; Lulus Wijaya
Fotografer: 
Heppy D; Sentosa L Toruan; Mislam S; Lulus Wijaya.
Bidang Informasi: 
Humas