Mercu Buana Tawarkan Kerjasama Pengembangan Kepariwisataan Babel

Air Itam, Pangkalpinang - Sukses menggelar kegiatan seminar komunikasi tingkat nasional di Bangka Belitung, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana juga menawarkan kerjasama pengembangan potensi wisata untuk kemajuan Negeri Serumpun Sebalai.

Penawaran tersebut disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Dr. Agustina Zubair M.Si beserta jajarannya dalam pertemuan dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi yang didampingi Sekda Babel, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Kamis (22/09).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Rustam menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penawaran kerjasama ini, dalam rangka percepatan pembangunan kepariwisataan di Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi terbaik dalam pengembangan destinasi wisatanya.

“Melalui kerjasama ini dapat mengidentifikasi permasalahan-permasalahan serta penyelesaiannya dalam kacamata komunikasi yang berkaitan dengan pengembangan potensi wisata Babel, “ ungkap Gubernur Rustam.

Ditambahkan juga oleh Gubernur Rustam bahwa dalam percepatan pembangunan pariwisata di Bangka belitung ini tidak akan tercapai apabila tidak dikelola dengan baik.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si dalam penjelasannya mengungkapkan antusiasme Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam membicarakan kerjasama ini.

Sekda Yan Megawandi menambahkan bahwa persoalan-persoalan yang dihadapi dalam pengembangan kepariwisataan di Bangka Belitung yaitu bagaimana cara mengembangkan wisata Bangka belitung menjadi destinasi yang berkelas dunia.

“Model-model komunikasi yang seperti apa akan dipakai dalam promosinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang ada, dan selanjutnya bagaimana persoalan ekonomi yang ada bukan sebagai kendala tetapi justru menjadi nilai jual, “ ujar Yan Megawandi.

Menurut Yan Megawandi selama ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung beserta jajaran berupaya keras dalam upaya merubah Mindset pertambangan menjadi pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian Bangka Belitung.

“Dengan demikian penawaran kerjasama ini dapat dijadikan acuan dalam mendukung, membuka kesempatan dan membantu cita-cita yang ingin diwujudkan oleh Negeri Serumpun Sebalai, “ ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Dr. Agustina Zubair MSi, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kerjasama ini sebagai wujud peran serta Mercubuana dalam memberikan sumbangsihnya kepada daerah - daerah melalui produk - produk kajian akademisi institusinya.

“Fakultas Ilmu Komunikasi Mercu Buana melihat Bangka Belitung merupakan daerah potensial yang perlu dikembangkan, dimana daerah ini merupakan salah satu prospek yang diusung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo karena daerah ini pembangunan dalam bidang kepariwisataannya sangat cepat.

Dengan adanya pertemuan ini, selanjutnya kedua belah pihak akan membuat kesepakatan yang tertuang dalam sebuah draf kerjasama dengan prosedur dan hal teknisnya akan saling berkoordinasi. (Lulus)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Y. Lulus
Fotografer: 
Y. Lulus
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas