Sekda Babel Terima Tumpeng Hari Jadi Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Yan Megawandi SH MSi menerima nasi tumpeng dari Wakil Walikota Pangkalpinang Muhammad Sopian, di gedung DPRD Kota Pangkalpinang.

Pemberian nasi tumpeng tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-259 Kota Pangkalpinang, melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pangkalpinang, Sabtu (17/09/2016).

Selain Yan Megawandi, sejumlah tokoh penting Kota Pangkalpinang juga menerima pemberian nasi tumpeng. Dalam kesempatan berikutnya dilakukan pula penanugerahan penghargaan berupa 10 pin Pinang Emas bagi tokoh yang telah berjasa dalam pengembangan dan pembangunan Kota Pangkalpinang.

Dalam kesempatan itu, Yan Megawandi menyampaikan kekagumannya atas pertumbuhan Kota Pangkalpinang.

Menurutnya, dulu Pangkalpinang hanya merupakan salah satu pangkal di timur Pulau Bangka. Tapi kini telah berkembang pesat dan bahkan menjadi lokomotif pembangunan di Bumi Serumpun Sebalai.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur Babel, Yan mengucapkan selamat kepada seluruh warga Pangkalpinang yang merayakan hari jadi kotanya ke-259 tahun.

Momentum peringatan hari jadi, kata Yan, sejatinya direfleksikan dengan komitmen kerja keras dalam meningkatkan kemajuan pembangunan yang telah berjalan baik, untuk mencapai tujuan bersama yakni terwujudnya masyarakat adil, makmur dan bermartabat.

“Semua stakeholder, baik pemerintah, swasta, serta segenap elemen masyarakat melakukan perjuangan dalam memajukan Kota Pangkalpinang yang lebih baik,” sebut Yan Megawandi.

Sementara Wakil Walikota Muhammad Sopian mengatakan bahwa peringatan hari jadi merupakan tonggak atau momentum penting menuju perubahan bagi kemajuan kota yang lahir pada 17 September 1757 itu.

Dalam sambutan sebanyak 15 halaman, M Sopian menuturkan perjalanan panjang Kota Pangkalpinang, berbagai aspek pembangunan dan pemerintahan hingga rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-259.

Sopian juga menyebutkan 14 prioritas program pembangunan yang harus dituntaskan di kota yang memiliki visi Kota Investasi dan Berwawasan Lingkungan tersebut. Dua diantaranya adalah pemerataan kualitas pendidikan serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Di bidang kesehatan memiliki fokus utama dalam penyelesaian rehabilitasi RSUD Depati Hamzah yang dilaksanakan dengan pola multiyears.

“Dengan mengusung konsep green hospital, rumah sakit umum ini akan menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia,” ungkap Sopian.

Peringatan Hari Jadi ke-259 Kota Pangkalpinang juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, diantaranya penandatanganan MoU dan Peluncuran Pangkalpinang sebagai Kota Layak Anak, peresmian Galery UMKM, peresmian Tourism Information Centre (TIC). Selain itu ada pula kegiatan kesenian, olahraga, budaya dan pariwisata, sosial keagamaan, hingga kegiatan ilmiah dan kegiatan ekonomi.

Tampak hadir pada paripurna istimewa, anggota DPD RI Bahar Buasan, mantan Walikota Pangkalpinang Sofyan Rebuin, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, hingga pengusaha Kota Pangkalpinang. (sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa Lumban Toran
Fotografer: 
Sentosa Lumban Toruan
Bidang Informasi: 
Humas